______________________________________________________________________________________________________________________________________

Thanks to Denny Santoso sebagai narasumber artikel dalam blog ardhifitness. Klik di sini untuk melihat profile facebook Saya, dan jangan lupa add Saya ya!!! Thanks...

______________________________________________________________________________________________________________________________________

Rabu, 09 November 2011

Tropical Mango Pro-shake

Tema sport drink kita kali ini yaitu tropical. Disini saya menggunakan mangga yang merupakan buah khas daerah tropis dipadukan dengan sensasi aroma rum, dan tentu saja ditambah dengan manfaat protein yang berasal dari whey protein.

Sedikit kita membahas tentang mangga. Mangga atau mango (Inggris) memiliki nama latin Mangifera indica adalah tanaman buah yang berasal dari India. Tanaman ini banyak dibudidayakan di daerah tropis dan beberapa jenis mangga dibudidayakan di daerah sub tropis. Kata “mango” berasal dari bahasa Tamil, “mangai/mankay” kemudian menjadi “manga” dalam bahasa Portugis. Mangga umumnya mempunyai citarasa yang manis dengan tekstur yang bervariasi tergantung jenisnya mulai dari lunak sampai yang agak kokoh seperti melon. Mangga biasanya dikonsumsi langsung tapi ada juga yang digunakan dalam masakan seperti dibuat campuran kari atau sambal. Selain dimakan langsung, mangga diolah menjadi jus, sari buah, manisan, buah kering, atau sebagai campuran produk es krim, sorbet, puding, jelly, pie, fruit bar, atau campuran muesli.
Kandungan Nutrisi Buah Mangga
Dari segi nutrisi, mangga mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dalam 100 g daging buah mangga mengandung karbohidrat 17 g (13%), serat pangan 1.8 g (4.5%), protein 0.5 g (1%), dan lemak 0.27 g (1%). Selain itu mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin A 765 IU (25.5%), tiamin 0.058 mg (5%), riboflavin 0.057 mg (4%), niasin 0.584 mg (3.5%), vitamin B6 0.134 mg (10%), vitamin C 27.7 mg (46%), magnesium 9 mg (2%), kalsium 10 mg (1%), tembaga 0.110 mg (12%), zat besi 0.13 mg (1.5%), mangan 0.027 mg (1%), fosfor 11 mg (2%), dan kalium 156 mg (3%).
Dapatkan Susu Protein Terbaik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Di Sini!
Angka persentase menunjukkan persen dari kebutuhan harian yang direkomendasi. Mangga memiliki kandungan sodium yang rendah hanya 2 mg dalam 100 g. Mangga juga mengandung zat-zat fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan dan antimikroba seperti beta-karoten, alfa-karoten, beta-kriptoxantin, xanthonoid dari mangga yang disebut mangiferin, dan beberapa jenis polifenol lain seperti quercetin, kaempferol, asam galat, caffeic acid, katekin, dan tanin. Mangga mempunyai nilai IG (indeks glikemik) yang rendah sampai medium (40-60), sehingga dapat membantu dalam menerapkan pola makan sehat.
Dalam mengkonsumsi mangga, ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu kulit dan getahnya. Kulit dan getah mangga mengandung urushiol yaitu senyawa racun tanaman yang dapat menyebabkan gangguan kulit atau alergi pada orang-orang tertentu, seperti gatal pada sudut mulut, bibir dan ujung lidah. Pada beberapa orang, reaksi dapat berat seperti pembengkakan bibir, ulserasi (luka) pada sudut mulut, kesulitan bernapas, muntah, dan diare.
Untuk 1 porsi
Bahan
50 g mangga
30 g UN Prostar 100% Whey Protein Vanilla
250 ml susu low fat
1/8 sdt essence rum
Cara membuat

  • Campurkan semua bahan dalam blender atau food processor. Proses sampai halus.
  • Dapat segera diminum atau dimasukkan dalam shaker untuk diminum setelah latihan.
  • Tambahkan es batu atau dapat menggunakan air es.
Nilai nutrisi per porsi
Energi: 273.6 kkal
Lemak: 4.7 g
Karbohidrat: 23.5 g
Serat: 1 g
Protein: 34.4 g
Tips dan saran
  • Untuk yang tidak menyukai aroma atau rasa rum bisa tidak menggunakannya atau menggantinya dengan aroma yang lain seperti karamel.
  • Gunakan mangga yang sudah matang sempurna.
  • Campurkan sedikit perasan orange untuk memberikan citarasa yang lebih enak.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More