______________________________________________________________________________________________________________________________________

Thanks to Denny Santoso sebagai narasumber artikel dalam blog ardhifitness. Klik di sini untuk melihat profile facebook Saya, dan jangan lupa add Saya ya!!! Thanks...

______________________________________________________________________________________________________________________________________

Sabtu, 02 Maret 2013

Pola Diet ala Ardhi ROXY FITNESS



.FOOD COMBINING.

Food combining adalah salah satu pola diet koreksi yang banyak digunakan oleh para dokter naturopati untuk penyembuhan. Namun, sekarang masih terjadi perdebatan mengenai manfaat diet ini.

Diet ini dikenalkan oleh Dr. William Howard hay, yang mempunyai prinsip dasar sebagai berikut :

  1. Makanan yang mengandung protein tinggi, misal daging, ikan, telur dan keju
  2. Makanan pembentuk basa, misal buah-buahan dan sayuran
  3. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, misal gandum, beras, roti, pasta dan gula
Penggabungan makanan dari daftar a dengan daftar c akan membuat tingkat keasaman tubuh menjadi semakin tinggi, karena itu Dr. Hay menyarankan pemisahan makanan dengan cara kombinasi.

Diet ini menimbulkan kontroversi karena ada beberapa pihak yang menganggap diet ini adalah diet yang tidak berguna atau omong kosong belaka, sedangkan ada beberapa pihak yang benar-benar mengakui manfaat dari diet ini.



.WEIGHT WATCHER DIET.

Weight Watcher diet ditemukan pada tahun 1960 oleh Jean Nidetch, perusahaan yang menawarkan berbagai macam produk diet dan jasa untuk membantu seseorang menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Weight wacther diet bermula dari grup diskusi yang membicarakan tentang cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Program Weight Watchers berdasarkan pada sistem point, dimana setiap makanan memiliki sejumlah point tertentu berdasarkan pada kandungan lemak, serat dan kalorinya. Setiap orang ditentukan batas pointya yang dibuat dengan maksud untuk mempermudah program penurunan berat badan. Weight Watchers tidak mencantumkan daftar makanan yang tidak boleh ataupun yang boleh dimakan. Fokus utamanya adalah menyediakan informasi, pengetahuan, sarana dan motivasi yang Anda butuhkan untuk membangun kesuksesan Anda sendiri dalam mempertahankan berat badan ideal dalam jangka panjang.

Ada dua macam rencana dalam weight watcher diets, yaitu rencana Core dan rencana Flex, rencana Core menyebutkan bahwa ada beberapa tipe atau jenis makanan inti yang diperbolehkan untuk dikonsumsi dengan porsi normal. Makanan Core atau inti adalah daftar makanan sehat dari semua grup makanan seperti buah, sayuran, daging dan lain-lain. Flex plan adalah rencana dimana seseorang harus menentukkan jumlah poin yang mereka konsumsi berdasar berat mereka. Poin yang mereka konsumsi dapat ditambah jika mereka melakukan olahraga.

Kelebihan
Metode ini sudah teruji lebih dari 40 tahun dalam keberhasilannya menurunkan berat badan. Dan yang tak kalah penting, Weight Watchers tak hanya menjanjikan penurunan berat badan saja, melainkan juga menanamkan kebiasaan makan sehat. Anda tak akan dipusingkan oleh jenis makanan yang boleh atau tidak boleh dimakan, karena semua makanan boleh Anda cicipi. Weight Watchers juga menyediakan berbagai produk makanan siap pakai.

Yang dapat membuat anda gagal
Anda mengalami kesulitan untuk menghitung poin dan menggantikan makanan anda agar sesuai dengan poin yang disebut di dalam weight watcher, serta anda akan kesulitan menemukan grup yang sama-sama menjalankan program diet ini.



.THE ZONE DIET.

The Zone diet adalah diet yang dipopulerkan oleh Barry Sears, Ph.D. Dia menyebut diet ini rencana diet 40-30-30. Maksudnya komposisi nutrisi yang baik terdiri dari 40% karbohidrat, 30% lemak dan 30% protein. Dengan membuat menu makan setiap orang didasarkan pada banyaknya aktivitas dan persentase lemak tubuh, Sears dengan sangat scientific menyodorkan sistem 40-30-30 yang dibutuhkan oleh setiap orang, la pun menjelaskan bahwa semua makanan yang kita makan berada di dalam “block”. Begitu Anda telah dapat menghitung kombinasi unik “block” Anda, maka setiap kali makan, makanan Anda harus sesuai dengan “block” tersebut. Dengan cara itu, maka tubuh akan menampilkan performa puncaknya atau mencapai the Zone.

The zone yang dimaksud oleh Sears adalah keadaan dimana hormon di dalam tubuh anda bekerja seimbang. Ketika level insulin seimbang, glikogen tidak terlalu tinggi atau rendah, maka zat kimia yang bersifat anti peradangan dilepaskan oleh tubuh. yang dapat membantu untuk meringankan peradangan tubuh.

Menurut Sears, tubuh manusia tidak bisa menyimpan lemak dan membakarnya dalam waktu yang bersamaan, oleh karena itu diperlukan waktu untuk merubah tubuh dari keadaan menyimpan menjadi membakar lemak dengan menggunakannya sebagai sumber energi.

Sears menyebut konsumsi lemak penting untuk membakar lemak. Lemak tak jenuh tunggal membuat seseorang merasa kenyang dan mengurangi kecepatan karbohidrat diserap ke dalam darah. pengurangan kecepatan penyerapan karbohidrat berarti kadar insulin yang lebih rendah yang berarti kurangnya jumlah lemak yang tertampung dan terjadinya perubahan yang lebih cepat untuk membakar lemak. Jika seseorang tidak bisa membakar lemak karena kadar insulin mereka tinggi, orang tersebut akan merasa capek karena tubuh mereka kelaparan. Yang akhirnya akan meningkatkan keinginan untuk makan makanan yang manis-manis.

Sears mendeskripsikan agar anda makan protein sebanyak telapak tangan anda, sebanyak mungkin sayuran yang bisa anda makan untuk memperoleh vitaminnya, karbohidrat yang cukup dan cukup lemak tak jenuh tunggal untuk mengurangi perasaan lapar.

Kelebihan
Kurangnya rasa lapar yang disebabkan oleh tingginya jumlah insulin, mengurangi nafsu makan dan menyeimbangkan hormon anda.

Yang dapat membuat anda gagal
Anda bisa menjadi tidak sabar dengan pola diet ini karena penurunan berat yang terjadi tidak signifikan walaupun dalam jangka waktu yang relatif lama. ada beberapa sumber yang menyebutkab bahwa the zone diet ini lebih menuju ke arah mengontrol nafsu makan daripada menurunkan berat badan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More